Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Jumat, 05 Agustus 2016

Berapakah Jumlah Kambing Untuk Aqiqah?

Menurut aturan Islam sejatinya berapakah jumlah kambing untuk ibadah aqiqah? di artikel ini anda akan memperoleh informasinya.

Berapakah Jumlah Kambing Untuk Aqiqah?


Artikel ini kami tulis untuk saudara - saudara yang memang belum mengetahui tantang seluk beluk ibadah aqiqah diantara adalah jumlah kambing yang diperuntukkan  aqiqah bagi anak laki - laki ataupun anak perempuan.

Aqiqah adalah salah satu aturan dalam Islam yang berkaitan dengan kelahiran seorang anak yaitu dengan cara menyembelih kambing yang sudah memenuhi persyaratan dan juga layak untuk dijadikan sesembelihan aqiqah.

Apabila kita mengaju kepada hadits Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengatakan: "Untuk anak laki - laki dengan dua ekor kambing dan untuk anak perempuan dengan satu ekor kambing".(Al Hadits)

Menurut hadits di atas sangatlah jelas bahwa yang terbaik untuk pelaksanaan ibadah aqiqah adalah dengan memotong dua ekor kambing atau domba bagi anak laki - laki dan cukup dengan satu ekor kambing bagi anak perempuan. Akan tetapi bagi anak perempuan apabila kebutuhannya menu kambingnya banyak misalkan sampai 200box tentu dengan satu kambing sangatlah kurang. Maka perlu ditambah satu ekor lagi ini tidaklah mengapa dinilai yang satu ekor sebagai syarat untuk aqiqah dan yang satu ekornya lagi sebagai ibadah tambahan (sedekah). Keterangan lebih lanjut mungkin ada baiknya silahkan hubungi kami selaku rumah aqiqah jogja

Di Lain sisi apabila kita memiliki anak laki - laki sedangkan kemampuan orang tua si anak hanya bisa menyembelih satu ekor kambing maka insyaallah ini juga tidak mengapa sebagai mana banyak dijelaskan oleh banyak ulama akan tetapi yang paling baik adalah untuk anak laki - laki adalah dengan dua ekor kambing.

Dengan uraian diatas menjadi lebih jelas sehingga kemampuan seseorang dalam melaksanakan ibadah aqiqah juga menjadi acuan hukum. Disamping itu ibadah aqiqah tidak harus menggunakan kambing dengan harga yang mahal sehingga akan memberatkan bagi shahibul aqiqah terlebih bagi mereka yang sedang memiliki kebutahan banyak seperti melahirkan secara caesar.

Demikian artikel berkaitan dengan jumlah kambing dalam aqiqah kami buat semoga bermanfaat. aamiin.

Baca artikel kami selanjutnya


Share:

0 komentar:

Posting Komentar