Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Minggu, 07 Agustus 2016

Berapakah Umur Kambing Untuk Aqiqah?

Anda ingin mengetahui sebenarnya berapa umur kambing yang bisa digunakan untuk aqiqah?

Berapakah Umur Kambing Untuk Aqiqah?

Berapakah Umur Kambing Untuk Aqiqah?
Sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tua manakala mendapatkan anak ketururan dengan sehat dan lancar tanpa ada yang kurang suatu apapun. Kebahagiaan itu dapat dicerminkan dengan berbuat kebaikan kepada sesama diantara adalah dengan mengadakan ibadah aqiqah.

Disebagian masyarakat cara mengungkapkan perasaan syukur bahagia itu bermacam - macam, ada yang mengadakan puputan ataupun selapanan, yaitu membagikan box yang di dalamnya berikan nasi, ayam, urap, telur ataupun yang lainnya. Puputan dilakukan saat tali pusar bayi mulai lepas sedangkan selapanan diadalan pada hari ke 35 dari kelahiran. Akan tetapi bentuk syukuran demikian berbeda dengan aqiqah yang pelaksanaanya dengan bentuk menyembelih kambing.

Dalam pelaksanaan ibadah aqiqah memang tidak diharuskan dengan menggunakan kambing yang berharga mahal sehingga mungkin bagi sebagian orang akan memberatkan shohibul aqiqah.

Walaupun demikian sebaiknya orang tua memperhatikan kambing yang akan disembelih sebagai sarana ibadah aqiqah ini yaitu berkaitan dengan usia kambing itu sendiri.

Pada sebagian masyarakat ada yang mengatakan bahwa kambing untuk aqiqah hendaknya yang sudah poel (bahasa jawa) yang berarti giginya sudah tanggal. Kalau anda bingung silahkan bisa kontak ke rumah aqiqah Jogja insyaallah kami akan memberikan banyak kemudahan untuk anda.

Kalau kita membaca dalam kitab - kitab karya ulama yang berkaitan dengan aqiqah, Nabi hanya menyebutkan secara umum yaitu berupa kambing tanpa merinci berapa umur kambing tersebut?

Berbeda dengan ibadah qurban nabi memberikan perincian dan persyaratan kambing yang akan dijadikan sesembelihan diantara adala umur 1 tahun atau 6 bulan minimal, sehat, tidak cacat, tidak buta, dan tidak kurus.

Karena bentuknya sama - sama menyembelih maka sebagian ulama mengqiaskan antara syarat kambing untuk qurban ataupun aqiqah yaitu minimal 6 bulan. Walaupun dilapangan kita acapkali mendapati kambing yang usianya 1 (satu) tahun ada yang belum tanggal giginya. Oleh karena itu istilah poel (tanggal gigi) tidak sepenuhnya benar sebagai satu - satunya patokan sahnya usia kambing aqiqah. Yang lebih tepat adalah dengan menggunakan umur kambing itu sendiri yaitu minimal 6 bulan.

Demkian artikel berkaitan dengan berapakah umur kambing untuk aqiqah ini kami buat 
semoga memberikan manfaat untuk kita semua. aamiin.

Baca artikel terkait lainnya
Hukum Aqiqah Menurut Islam
Share:

0 komentar:

Posting Komentar