Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Kamis, 08 September 2016

Hikmah Aqiqah Dalam Islam

Setiap ibadah yang Allah dan Rasulnya syariakan kepada kita pasti memiliki hikmah baik itu diketahui melalui dalil ataupun tidak termasuk di dalam ibadah aqiqah. Apa saja hikmah dalam ibadah aqiqah ini?

Hikmah Aqiqah Dalam Islam

hikmah aqiqah dalam islam

Aqiqah adalah salah satu bentuk ibadah yang dituntut untuk mengeluarkan materi atau harta sehingga dikenal dengan ibadah maliyyah sebagaimana zakat, infaq dan lain sebagainya. Biasanya orang akan semangat melakukan ibadah atau mengeluarkan hartanya apabila sudah diketahuli lebih dulu akan manfaat dan hikmah dari ibadah tersebut. Seperti zakat atau sedekah dapat membersihkan harta benda sekaligus sebagai "pancingan" yang dalam mengundang kelancaran rizki. Disamping itu sedekah juga dapat dijadikan sarana untuk mengundang kesembuhan.

Tak terkecuali dalam aqiqah juga terbanyak manfaat dan hikmah yang sudah banyak dibahas oleh ulama dalam kitab - kitab mereka. Diantara hikmah dalam ibadah aqiqah adalah sebagai berikut:

Sebagai tebusan untuk anak
Memang dikatakan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam disebutkan bahwa anak kita itu tergadai dengan aqiqahnya. Tentu saja ketika kita menggadaikan sesuatu kepada orang lain hendaklah kita bersegera mungkin untuk menebus benda tersebut agar bisa kita miliki kembali. Lantas apa yang dimaksud dengan tergadai? menurut salah imam yaitu Ahmad Ibn Hanbal bahwa anak yang sudah diaqiqahi itu dapat memberikan syafaat kepada orang tuanya kelak di hari kiamat setelah mendapatkan izin dari Allah.

Mempererat hubungan sosial
Kita tahu dalam ibadah aqiqah itu ada nilai sosial yang tinggi dimana shohibul aqiqah mewujudkan rasa syukurnya dengan membagikan menu makanan kepada tetangga, handai taulan, saudara dan yang lainnya termasuk juga banyak yang diberikan kepada panti asuhan ataupun anak - anak jalanan.
Dengan ini insyallah hubungan kemasyarakatan dapat terjaga dengan baik selama kita mau terus berbagi kebaikan dengan mereka.

Benteng perlindungan untuk anak
Dalam banyak literatur disebutkan bahwa aqiqah adalah usaha orang tua untuk melindungi anaknya dari banyak gangguan seperti sihir, syaitan, guna - guna, penyakit 'ain dan lain sebagainya. Kita tahu bahwa bayi atau anak kita yang masih kecil belumlah dapat melindungi dirinya sendiri sebagainama orang dewasa bisa membaca dzikir pagi dan petang, maka orang tua yang bijak akan melindungi buah hatinya dari gangguan - gangguan di atas.

Demikian artikel berkaitan dengan hikmah aqiqah ini kami tulis semoga bermanfaat.
Share:

3 komentar: