Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Sabtu, 17 September 2016

Materi Ceramah Pengajian Aqiqah

Mungkin diatara pembaca di sini ada yang pernah diminta untuk memberikan ceramah pengajian aqiqah? kali ini saya ingin memberikan sedikit gambaran mengenani apa saja materi yang bisa disampaikan untuk pengajian aqiqah.

Materi Ceramah Pengajian Aqiqah

Pada saat - saat tertentu ada diantara kita yang terkadang dimintai untuk memberikan materi pengajian aqiqah baik itu oleh teman, tetangga ataupun masyarakat umum. Saya yakin mereka menilai anda mampu mungkin bisa dilihat dari latar belakang pendidikan yaitu lulusan pesantren atau alumni dari universitas Islam yang memang secara intens mempelajari keilmuan - keilmuan Islam.

Nah, sering diantara kita menolak permohonan mereka entah dengan apa sebabnya? hayo ngaku??? hehehe. Tak apalah mungkin waktu itu teman - teman belum siap dan belum ada gambaran kira - kira materinya bagaimana ya yang cocok untuk pengajian aqiqah ini?

Biar teman - teman punya gambaran materi sehingga saat dimintai kembali untuk menjadi penceramah tidak canggung maka bisa anda membaca kisi - kisi materi ceramah pengajian aqiqah di bawah ini.

Pendahuluan
Pada babak pendahuluan anda bisa mengaitkan ibadah aqiqah sebagai ungkapan syukur kepada Allah sebagai Dzat yang telah memberikan nikmat termasuk didalamnya nikmat memiliki keturunan. Anda bisa membawakan ayat - ayat berkaitan dengan syukur dan juga sertakan pendapat ulama syarat untuk menjadi orang yang pandai bersyukur.

Isi
Pada babak isi ada beberapa poin yang bisa kita sampaikan berkaitan dengan materi inti diantaranya adalah:

Hadits Aqiqah
Pada materi ini anda bisa menyampaikan hadits Nabi Muhammad yang mengatakan bahwa setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya dan seterusnya..

Waktu Untuk Aqiqah
Anda sampaikan waktu - waktu yang terbaik untuk pelaksanaan ibadah aqiqah yaitu hari ke-7 atau 14 atau 21 dari hari kelahiran

Hikmah Aqiqah
Anda bisa menyampaikan tentang apa saja manfaat atau hikmah aqiqah apabila dilakukan sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah.

Cara Membagikan Menu Aqiqah
Anda utarakan tentang cara membagikan menu aqiqah itu ada 3. Di makan oleh pihak keluarga, dihadiahkan dan disedekahkan. Dalam hal ini perlu diperjelas lagi karena banyak masyarakat yang masih memiliki keyakinan kalau orang tua atau shohibul aqiqah tidak boleh ikut makan menu aqiqah keluarganya.

Nah, teman - teman saya rasa itu sudah cukup sekali materi ceramah pengajian aqiqah yang bisa anda sampaikan kurang lebih bisa membutuhkan waktu hingga 1 jam. heheh. Semoga bermanfaat.
Share:

1 komentar:

  1. Kajian yang bermanfaat semoga dapat menambah wawasan dan ilmu untuk kita semua.

    PT. AROFAH GALANG MULIA
    RELIGIOUS TRAVEL & TOURISM
    D/116 D/363
    RUKO TANGCITY BUSINESS PARK E/21
    JL. JENDRAL SUDIRMAN, BABAKAN - TANGERANG
    BANTEN 15117
    TELP. +6221 292 39701, +6221 292 39702
    http://arofahgalangmulia.blogspot.co.id
    e-mail : arofahgalangmulia@gmail.com
    https://plus.google.com/111725674733759697308
    Facebook : @arofahgalang
    Twitter : @arofahgalang

    BalasHapus