Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Selasa, 04 Oktober 2016

Hukum Menggabungkan Aqiqah Dan Qurban Dalam Islam

Dalam tinjuan syariat Islam ada beberapa hal yang kelihatannya hampir sama yaitu ibadah aqiqah dan qurban. Bagaimana Islam menyikapi apabila ibadah aqiqah dan qurban digabungkan dalam pelaksanaannya?

Hukum Menggabungkan Aqiqah Dan Qurban Dalam Islam
Islam adalah agama yang lengkap dan sangat sempurna, baik terkait dengan tata caranya ataupun hikmah yang terkandung di dalamnya. Adakalanya hikmat ibadah dapat diketahui dan adakalanya tidak diketahui kecuali oleh orang - orang yang Allah berikan pengetahuan.

Kita tahu bahwa ibadah aqiqah dilakukan hanya satu kali dalam seumur hidup dan tidak akan diulang kembali (sumber website Balqis Aqiqah). Karena ibadah ini disyaritkan terkait dengan kelahiran seorang anak di dunia ini sebagai wujud dalam mensyukuri nikmat tersebut. Sedangkan ibadah qurban adalah adalah ibadah yang dilaksanakan karena masuknya waktu tanggal 10 Dzhulhijjah ataupun hari tasyriq.

Walaupun kelihatannya bentuk ibadahnya hampir sama yaitu dengan menyembelih binatang atau kambing akan tetapi niat dan muatan dalam ibadah tersebut berlainan. Diantaranya adalah kalau aqiqah itu cukup satu kali seumut hidup sedangkan ibadah qurban dapat terjadi berulang - ulang setiap tahun. Bahkan Nabi sendiri mensyariatkan untuk melaksanakan ibadah qurban setiap tahun bagi mereka yang memiliki kelapangan rizki. Lebih lanjut beliau mengatakan: "Barang siapa yang memiliki kelapangan rizki (pada hari qurban) dan ia tidak melaksanakan qurban maka jangan sekali - kali orang tersebut mendekati tempat shalat kami". (Hadits riwayat imam Ahmad dan Ibnu Majah)

Dalam pelaksanaannya ada baiknya dipisahkan artinya aqiqah kambing sendiri dan qurban juga kambing sendiri. Bagi yang memiliki rizki lebih mungkin hal ini mudah saja lantas bagaimana bagi mereka yang dananya hanya mencukupi untuk melaksanaan ibadah aqiqah atau qurban saja?

Kalau mendekati hari raya idhul adha dan anak anda sudah berumur lebih dari 21 hari maka saran kami adalah mendahulukan ibadah qurban karena syariat ini yang paling dekat saat itu sementara ibadah aqiqah yang afdhol sudah terlewati yaitu hari ke 21 dari kelahiran. Dan kami doakan semoga Allah melapangkan rizki untuk anda sehingga kedepan anda bisa mengaqiqahkan anak - anak.  
Adapun jika anda hendak mencari jasa aqiqah di Jogja dan sekitarnya silahkan hubungi kami di 08180 273 1273 respon cepat dan bisa WA.

Wallahu 'alam.
 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar