Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Rabu, 19 Oktober 2016

Tips Agar ASI Berkualitas

Anda sedang menyusi si buah hati? Dengan tips ini ASI yang anda berikan kepada si kecil akan lebih berkulitas., simak yuk..

Tips Agar ASI Berkualitas

tips agar asi berkualitas
Pasti sudah tahukan kalau ASI sangat penting untuk bayi? Ya, ASI sangatlah dibutuhkan bayi sejak umur 0-2 tahun, apalagi pada 6 bulan pertama. Selama 6 bulan awal, ASI merupakan nutrisi yang tak tergantikan dan harus diberikan secara eksklusif. Karena di dalam ASI terkandung nutrisi yang lengkap untuk tumbuh kembang si bayi. Selain itu, ASI juga mengandung antibodi alami yang bisa membantu mencegah adanya gangguan kesehatan pada bayi.

Guna memberikan ASI terbaik untuk buah hati Anda, perhatikanlah beberapa tips dari rumah aqiqah sebagai berikut.

●    Yakin
Tanamkan keyakinan pada diri Anda bahwa Anda bisa memberikan ASI terbaik kepada bayi Anda. Karena, dengan begitu akan mempermudah keluarnya hormon oksitosin yang berperan dalam produksi bayi.

●     Enam bulan ASI Eksklusif
Berikan ASI sebagai satu-satunya asupan terbaik untuk bayi Anda tanpa tambahan makanan apapun selama 6 bulan pertama. Jangan berikan susu formula terlebih dahulu. Karena dengan meminum susu formula, bayi Anda akan merasa kenyang dan akibatnya mengurangi konsumsi ASI. Selain itu, bayi yang berumur kurang dari 6 bulan masih belum memiliki pencernaan yang sempurna. Sedangkan susu formula termasuk asupan yang sulit dicerna oleh bayi.

●     Hindari Memberi Dot atau Empeng
Sudahkah Anda terpikir untuk memberi dot atau empeng pada bayi Anda? Jika Anda terlintas untuk memberi barang tersebut, urungkanlah sekarang. Karena jika Anda membiasakan memberikan barang-barang tersebut, bayi akan menolak diberikan ASI oleh ibu. Padahal isapan bayi pada payudara seorang ibu dapat merangsang hormon oksitosin yang memproduksi ASI dan hormon prolaktin yang mengeluarkan ASI.

●    Susui dengan Benar
Lakukan teknik menyusui yang benar untuk memaksimalkan produksi ASI. Ketika menyusui, Anda tidak perlu menekan puting susu. Cukup masukkan sebagian besar kalang payudara Anda ke mulut bayi sehingga puting berada di bawah langit-langit dan dengan sendirinya lidah bayi akan menekan ASI keluar.
Umumnya, ASI akan habis setelah diberikan selama 10-15 menit. Payudara akan penuh kembali setelah 2 jam. Berikanlah ASI secara bergantian antara payudara kanan dan kiri.

Demikian beberapa tips agar asi berkuatias yang bisa Anda berikan kepada si bayi semoga dengannya ia tumbuh menjadi anak yang sehat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar