Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Rabu, 07 Desember 2016

Pengertian Aqiqah Secara Bahasa Dan Istilah

Dalam memahami sesuai tentu kita tidak bisa mengabaikan begitu saja akan makna dasar dalam sebuah bahasa termasuk dalam memahami arti aqiqah, oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kami hendak membahas soal aqiqah di tinjau dari segi bahasa dan istilah.

Pengertian aqiqah Secara Bahasa Dan Istilah

pengertian aqiqah secara bahsa dan istilah

Aqiqah adalah salah satu syariat yang Allah berikan kepada ummat Islam melalui sang Nabi akhir zaman yaitu Nabi Muhammad. Begitu lengkapnya syariat ini sehingga aturan dan tata caranya pun nabi sebutkan dalam sabdanya sehingga ummat ini menjadi jelas dan mudah dalam mengamalkannya.

Ibadah ini merupakan ibadah yang agung karena di dalamnya ada ibadah yang bersifat langsung kepada Allah dan juga ada sisi lain yang mengandung maslahat untuk peduli dengan orang lain dalam bentuk pemberian daging atau menu aqiqah.

Pembaca yang budiman kali ini penulis tidak akan membahas soal tata cara ataupun membahas dalil - dalil yang berkaitan dengan disyariatkannya ibadah aqiqah ini akan tetapi penulis akan menyorot dari sisi bahasa dan istilah sehingga makna aqiqah dapat keketahui.

Menurut bahasa bahwa arti aqiqah adalah al-qat'u yang memiliki arti memotong. Pertanyaannya adalah memotong apa? Dalam ibadah ini ada 2 hal yang dipotong yaitu kambing yang digunakan untuk aqiqah dan rambut si bayi itu sendiri. Oleh karena itulah menurut ulama yang dimaksud istilah aqiqah bisa rambut bayi yang dicukur karena dipotong atau kambingnya itu sendiri yang disembeleh.

Setelah kita mengetahui makna untuk aqiqah secara bahasa selanjutnya adalah secara istilah yaitu menyembelih kambing dalam rangka beribadah kepada Allah dan sekaligus sebagai ungkapan syukur atas kelahiran seorang anak

Karena kelahiran seseorang itu satu kali dalam seumur hidup maka syariat inipun hanya dianjurkan satu kali saja. Berbeda dengan ibadah qurban yang bisa diulang setiap tahunnya atau membayar dam saat haji itu juga bisa diulang selama ia mengerjakan haji di tanah suci.

Demikian artikel terkati pengertian aqiqah secara bahasa dan istilah saya tulis semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar