Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Perkembangan Dan Perawatan Kehamilan Berumur 15 Minggu

Pindah ke minggu ke 15, ini adalah salah satu minggu kehamilan yang paling menyenangkan. Janin 15 minggu menjadi lebih sensitif dari sebelumnya. Bayi terus aktif di rahim dan beberapa bayi bisa merasakannya. Ini juga saat yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ketiga selama kehamilan.

Perkembangan Kehamilan Berumur 15 Minggu

perkembangan dan perawatan kehamilan berumur 15 minggu


Perubahan tubuh ibu hamil usia 15 minggu

Rumah Aqiqah Jogja - Banyak wanita hamil di minggu ke 15 memiliki dorongan seks lebih tinggi dari sebelumnya. Namun, beberapa tidak ingin melakukan seks selama kehamilan. Jika Anda memiliki kehamilan normal, seks pada tahap ini benar-benar aman, ini juga meningkatkan hubungan pasangan.

Rata-rata, wanita hamil akan mendapatkan sekitar 2kg, mungkin kurang atau lebih per orang, yang normal. Ukuran pinggang Anda mungkin meningkat 10-12 cm dibandingkan sebelum Anda hamil.
Beberapa gejala baru selama kehamilan akan muncul, seperti pendarahan hidung dan pendarahan gusi. Alasannya adalah hormon progesteron dan estrogen tinggi, pembuluh darah melebar lebih mudah, suplai darah Anda meningkat dan ini memberi tekanan pada kapiler kecil di mukosa hidung dan gusi. Jus jeruk dan saluran akar berdarah.

Kebersihan mulut yang buruk bisa lebih rentan terhadap radang gusi, dan radang gusi dapat meningkatkan risiko penyakit periodontal. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan kelahiran prematur.


Perkembangan janin usia 15 minggu

Minggu ke 15, bayi Anda panjangnya sekitar 12cm, beratnya sekitar 57g. Kulit janin pada usia 15 minggu masih sangat kurus, yang bisa dilihat di pembuluh darah di bawah kulit dan kerangka tubuh.
Rambut sutra terus tumbuh ke seluruh tubuh untuk membantu menjaga panas terutama rambut kepala. Bayi akan memiliki ekspresi wajah yang berbeda seperti tertawa, menyipitkan mata, berkerut, alis. Ini menunjukkan pertumbuhan otot wajah, bukan emosi si bayi.

Meski mata tertutup, bayi masih bisa merasakan cahaya. Ultrasound menunjukkan bahwa jika Anda memproyeksikan senter di perut Anda, bayi Anda akan bergerak untuk mengurangi cahaya. Kaki bayi mulai tumbuh lebih lama sebanding dengan panjang tubuh.

Janin 15 minggu juga mengembangkan "lemak coklat" yang membantu mengatur suhu tubuh. Setiap hari, sekitar setengah liter cairan amnion masuk ke paru-paru setiap hari dan diekskresikan dalam urin.

Saran perawatan kehamilan usia 15 minggu

·         Dari tanggal 15 sampai 17 minggu, Anda harus memiliki janji tindak lanjut, tidak hanya ultrasound, skrining kesehatan Anda, Anda juga memiliki Triple Screening, untuk memprediksi risiko kelainan Down atau kromosom.

·         Anda bisa mengubah posisi tidur Anda dan memilih bantal baru untuk tidur lebih nyaman.
·         Cobalah untuk menghindari hidung kering untuk mengurangi mimisan, dengan menggunakan humidifier di ruangan, membatasi pemanas terlalu lama di cuaca dingin, cukup minum air putih, dll.
·         Diet tinggi protein, kalsium dan vitamin C, B, D dan kebersihan mulut secara teratur akan mencegah radang gusi, radang gusi dan penyakit gigi lainnya.

·         Pijat kaki, perut dan punggung akan membantu Anda rileks, nyaman, mudah tertidur.

Jadi Anda bisa melihat bayi berusia 15 minggu itu masih tumbuh. Bayi Anda menjadi lebih sensitif dan agresif dari sebelumnya. Pada tahap ini, lanjutkan makan makanan seimbang untuk membantu tubuh dan juga kesehatan bayi Anda.

Inilah artikel yang di tulis oleh BalqisAqiqah.com Bandung tentang perkembangan dan Perawatan kehamilan Berumur 15 Minggu, semoga dengan ini anda semakin tahu tentang janin anda dan dapat menjaganya hingga terlahir dengan selamat.

Share:

0 comments:

Posting Komentar