Layanan Aqiqah Terbaik di Jogja Telp/Sms/WA 08180 273 1273 atau 0851 034 55331

Penyebab Dan Pencegahan Cacat Lahir


Rumah Aqiqah Jogja - Malformasi janin kongenital atau cacat lahir tidak diharapkan oleh orang tua. Jadi, apakah janin sehat sangat bergantung pada tubuh ibu sebelum dan selama kehamilan sehingga orang tua harus memperhatikan suplemen gizi untuk ibu selama kehamilan karena faktanya. Ada kemungkinan makanan ini juga menyebabkan cacat lahir pada bayi di perut. Pelajari penyebabnya dan bagaimana cara mencegah malformasi kongenital pada janin untuk perawatan terbaik untuk diri sendiri dan bayi Anda.

penyebab dan pencegahan cacat lahir



Penyebab dan pencegahan cacat lahir

1. Penyebab
Pemeriksaan pra-kehamilan sangat penting. Berdasarkan kondisi kesehatan ibu Anda, dokter Anda akan memberikan saran terbaik untuk kehamilan yang sehat dan lancar. Jika Anda mengabaikan langkah penting ini, dia masih mengandung rubella, hepatitis, pembengkakan ginjal ..., risiko keguguran, kelahiran prematur, keterbelakangan janin atau cacat lahir sangat mungkin terjadi.
  • Stres

Selama kehamilan, ibu harus berusaha untuk rileks dan beristirahat semaksimal mungkin. Sering mengalami kegelisahan, kelelahan dan stres dapat menyebabkan depresi kehamilan, yang pada gilirannya berdampak negatif pada bayi di perut, mulai dari perkembangan fisik hingga kesehatan psikologis. kekayaan intelektual
  • Obat

Kapan pun ada tanda-tanda batuk, flu saat hamil, sakit tenggorokan atau demam saat hamil, ibu harus pergi ke klinik untuk mendapatkan resep yang aman. Mengambil obat yang tidak spesifik dapat memiliki dampak yang sangat negatif pada perkembangan janin, yang paling serius adalah risiko malformasi kongenital. Sama sekali tidak ada penggunaan narkoba selama kehamilan tanpa izin dari dokter.
  • Alkohol

Alkohol adalah hal yang tabu dalam kehamilan, meski hanya sedikit menyesap. Saat darah mengalir ke plasenta, alkohol dalam alkohol dengan cepat menyebabkan kerusakan langsung pada janin, mengakibatkan kelahiran prematur, keguguran atau kelahiran mati. Minum alkohol selama kehamilan juga serius mempengaruhi perkembangan psikologis bayi nantinya.
  • Kebiasaan merokok

Selain alkohol, merokok selama kehamilan juga harus dilarang keras. Keguguran, kelahiran prematur, kelahiran mati, keguguran dan banyak komplikasi kehamilan lainnya adalah konsekuensinya jika ibu masih mempertahankan kebiasaan tidak sehat ini selama kehamilan.
Memahami perawatan antenatal
Perawatan prenatal merupakan prasyarat bagi seorang ibu untuk memiliki kehamilan yang sehat dan mulus. Vaksinasi pra-kehamilan, mengonsumsi suplemen asam folat selama 3-6 bulan, akan membantu Anda mencegah cacat lahir janin.


2. Pencegahan cacat lahir

  • Minum suplemen asam folat dini

Setiap wanita usia subur perlu mengkonsumsi suplemen asam folat paling sedikit 3 bulan sebelum hamil. Kekurangan folat bertanggung jawab untuk berbagai malformasi kongenital dan cacat tabung saraf (paling sering spina bifidae) pada janin. Malformasi ini terjadi sangat awal pada kehamilan, bahkan sebelum ibu dapat mengenali kehamilannya untuk melengkapi folat pada waktunya. Bahkan tes kehamilan pertama (biasanya sekitar minggu ke 10) sudah terlambat untuk menyelamatkan situasi.
  • Pemeriksaan dan konsultasi medis sebelum hamil

Dokter juga menyarankan wanita usia subur saat mereka berencana untuk hamil. Pemeriksaan kehamilan sebagai hasil perawatan kesehatan ibu sebelum kehamilan semakin menunjukkan pentingnya kesehatan. Kesehatan ibu dan anak. Hal ini sangat penting bagi ibu yang menderita penyakit kronis.
  • Jangan minum alkohol sebelum dan selama kehamilan

Cacat lahir yang benar-benar cacat adalah sindrom alkohol (atau sindrom kehamilan alkohol). Alkohol yang membahayakan janin pada tingkat ringan dapat menyebabkan masalah intelektual dan perilaku serius yang dapat menyebabkan kelainan bentuk dan kematian dini. Sampai saat ini, tidak ada batas asupan alkohol yang dianggap aman untuk ibu hamil, jadi sebaiknya hindari alkohol dan alkohol sama sekali selama kehamilan.
  • Jauhi tembakau aktif atau pasif

Menurut March dan Dimes, jika semua wanita hamil dikarantina (apakah merokok aktif atau pasif), tingkat keguguran akan berkurang 5%, dengan tingkat kelahiran kurang berat badan menurun sebesar 20%. %, tingkat kelahiran prematur menurun sebesar 8%, tingkat kematian bayi lahir turun sebesar 11% dan angka kematian neonatal sebesar 5%
Lindungi kesehatan ibu Anda dengan baik selama kehamilan
Miliki perawatan diri, gaya hidup sehat dan olahraga teratur berolahraga agar tetap sehat, kesehatan Anda merupakan penentu kesehatan bayi Anda.
  • Hindari paparan toksin lingkungan

Bahan kimia telah lama diduga menyebabkan cacat lahir pada janin. Karena itu, untuk memastikan masa depan anak Anda, sebaiknya hindari paparan bahan kimia, termasuk bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda bekerja di lingkungan di mana bahan kimia seperti deterjen, kebersihan, di pabrik, pabrik atau studio harus terpapar, selalu gunakan respirator, respirator atau respirator yang sistematis. berventilasi. Ibu yang bekerja di lingkungan medis juga membutuhkan perawatan khusus karena sering terpapar desinfektan.
  • Makan sehat

Nutrisi yang baik adalah salah satu faktor penentu kehamilan yang sehat. Anda bisa mempelajari diet spesifik untuk ibu hamil, namun umumnya disarankan agar Anda mengonsumsi berbagai makanan sehat dan membatasi jumlah makanan olahan. Selain itu, ibu hamil juga perlu mengonsumsi suplemen vitamin untuk wanita hamil.
  • Kontrol HPV

Virus HPV, walaupun tidak menyebabkan cacat lahir, dikaitkan dengan peningkatan risiko persalinan prematur ketika otak janin dan paru-paru tidak sepenuhnya berkembang dan akibatnya anak dapat mengalami kegagalan otak. dan penyakit paru-paru yang parah. Diperkirakan bahwa hingga 50% pria dan wanita yang aktif secara seksual pernah terpapar HPV genital di beberapa titik dalam kehidupan mereka.
  • Jangan gunakan obat khusus selama kehamilan

Saat Anda hamil, semua obat yang Anda minum harus dengan hati-hati dan diresepkan dengan hati-hati oleh ahli kandungan spesialis kandungan dan ginekolog (Anda perlu memberi tahu dokter Anda bahwa Anda hamil untuk mendapatkan resep yang tepat). Bahkan dengan obat bebas, Anda harus diberi resep oleh dokter Anda untuk menghindari bahaya pada bayi Anda.
  • Pengujian genetik

Sulit untuk menentukan penyebab malformasi bawaan, namun jika keluarga pasangan Anda memiliki riwayat malformasi, tes diagnostik genetik yang menganalisis risiko malformasi dapat menjadi ujian. Berguna untuk anda Hasil skrining genetik dapat membantu dokter menasihati tentang risiko kecacatan bagi pasangan Anda untuk membuat keputusan tentang kehamilan dan persalinan.
  • Istirahat dan Tenang

Studi menunjukkan bahwa ibu yang mengalami stres berat selama kehamilan lebih cenderung memiliki bayi dengan malformasi. Stres juga terkait dengan peningkatan risiko keguguran, kehamilan, kelahiran prematur dan ketidaksuburan. Ada banyak cara untuk mengurangi stres, seperti olahraga teratur dan yoga.

Demikian Artikel ini kami tulis untuk anda, semoga si kecil terus tumbuh dalam rahim anda dengan baik sehingga ia dapat lahir dengan sempurna. aamiin.


Share:

0 comments:

Posting Komentar